Test Ride Apache RTR 180 Xventure, obrolan dengan bro Indra TVS

Apache Samping DEMOTApache depan DEMOT

Bro en sis, kelar sesi tes Apache RTR 180  lanjut ke sesi minum kopi, dan pas banget ibu ane baru kelar bikin lontong sayur lagi kepengenan lonsay. Ane ngobrol santai tapi serius dengan bro Indra dari TVS sambil santap siang lonsay racikan ibu ane.

Bro Indra bagian pengiriman motor untuk keperluan test ride sekaligus sebagai public relation di lapangan. Doi memberikan ane aneka brosur dan pricelist, dan untuk calon konsumen yang request test ride diberi gift kaos TVS.

Ane sampaikan ke bro Indra, rasa kepuasan ane testimoni test ride Apache RTR 180 motor demenan ane dari dulu, baru liat langsung dan test ride sekarang.  Ane bilang ternyata performa Apache RTR 180 akurat seperti yang sering ane baca di blog-blog. Motornya sangat bertenaga, sangat responsif, namun mesin tetap nurut mudah dijinakkan saat rider mau menghentikan motor handlingnya jempolan.

Ane tanyakan ke bro Indra, kenapa TVS nggak terlalu mem-push sesi test ride misalnya dengan diadakan semacam event di berbagai tempat – semacam road show, komplit dengan spanduk, banner, brosur, price list, little gift, dan tentunya unit test ride berbagai varian : Apache RTR 180, TVS MAX, metic TVS DAZZ, bebek TVS Rock Z.

Bro indra menjawab dengan logis, kalau TVS mengadakan event/ road show diperkirakan akan kurang maksimal kurang greget, karena masyarakat kurang kenal TVS dan akan kurang antusias dibanding dengan motor-motor Jepang.

Sedangkan request test ride, logikanya orang yang meminta request test ride, diperkirakan kuat dugaan orang tersebut tentunya sudah mengetahui dan mengenal produk TVS, entah lewat informasi blog-blog otomotif, tempat tongkrongan, dll sebagai getok tular/ word of mouth yang mendorong minat yang telah terpendam semakin membuncah dan semakin ingin mencoba langsung, tidak lagi katanya…katanya….

Jadi request test ride sangat strategis buat TVS, sekaligus sebagai ajang pembuktian komparasi, misalnya ada rider yang pernah mencoba aneka motor sport Jepang dari merk-merk papan atas dimari, saat mencoba test ride Apache RTR 180 Xventure mereka banyak yang menilai bahwa performa mesin dan handling Apache RTR 180 sangat memuaskan, bahkan diatas performa dan handling motor-motor sport Jepang berkubikasi 150 cc s.d 225 cc , ciyus masbro!!

IMHO manajemen TVS dimari memang harus meningkatkan awareness brand TVS khususnya segmen sport yang masih memiliki ceruk yang cukup menjanjikan buat TVS (blue ocean). Lewat Apache RTR 180 inilah ane kira TVS bisa membangun kepercayaan publik sebagai pabrik motor yang memiliki kualitas, teknologi unggul, dan harga yang bersahabat (worth to buy). IMHO Apache harus diupdate misalnya dengan suspensi monoshock yang digemari anak muda di mari. …Sedangkan untuk segmen metic dan bebek  IMHO sudah kurang menjanjikan buat TVS  karena tingkat persaingan sudah red ocean (meskipun ane yakin masih ada celah pemasaran metic & moped TVS),  Hegemoni honda dan yamaha sudah sangat kuat di segmen non sport, semakin sulit untuk bertarung memperebutkan pasar bebek apalagi metic bagi brand non Jepang.

IMHO menurut ane TVS harus lebih memperkenalkan produknya khususnya segmen motorsport, karena sebenarnya TVS punya senjata/ amunisi yang cukup kuat : Performa dan handling yang mumpuni, kualitas material yang bagus dan sudah k.l 70 persen kandungan lokal kecuali mesin dan Led headlamp, desain yang oke di kelasnya, dan harga yang cukup murah dengan kualitas dan performa diatas rata-rata, menjadikan motorsport TVS sebenarnya value for money, cukup worth to buy masbro. Apa pendapat masbro ?

head lamp ApacheTVS APACHE xventure-red copy

About SidiqDemot

i love motocycle and motogp, i've made blog about it

Posted on 21 Oktober 2015, in Tak Berkategori. Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Menurut ane, desainnya juga ganteng di banding sport jepun 150 – 225.. Selalu ngelirik tiap ketemu tuh motor di lampu merah.. Mau ngambil warna putih, tapi orang tua takut akan after salesnya…

    Kapan kang ambil nih motor?? Review ala anak jalanan dong kalo jadi ambil

    Suka

    • Kalau membeli sebuah produk yang bagus kita tidak usah terlalu memikirkan nilai jual kembali (sayang dijual motor responsif begini, pake aja joyride). After sales TVS sangat bagus dan ready stock sparepartnya… jaringan bengkel mitra TVS banyak, ditambah lagi ada layanan home service kalau kebetulan bengkel mitra jauh atau sedang malas keluar/ sedang sibuk

      Suka

  2. Insya Allah, ane mau ambil Apache RTR180 xventure… tapi memutuskan menunggu dulu beberapa bulan sampai versi terbaru Apache yakni Draken resmi diluncurkan TVS…. kalo ternyata harganya jauh lebih mahal dari harga apache current 18,9jt saat ini … mending ane nanti ambil yg xventure warna merah hitam. wait n see masbro

    Suka

Tinggalkan Balasan

