VIAR, Motor lokal yang berani menentang hegemoni Jepang

viar-vsr-200Viar header

Brosis, Selama ini hingar-bingar kendaraan roda dua tanah air didominasi brand jepang, Mereka begitu superior. Beberapa merk motor non jepang mencoba menghadang tapi dapat disingkirkan sedemikian mudah dan cepat, satu persatu brand non Jepang rontok gulung tikar dan hengkang dari market Indonesia yang sangat luas ini.

Tulisan ini merupakan kembangan dari artikel kang Taufik Tmc.blog hari ini :

Ini dia Update Viar Cross X 200 Terbaru Model Year 2015

Viar-cross-x200-2015

Di tulisan ini ane bukan khusus membahas soal motor trail/ cross, tapi ditulisan ini ane tertarik mengamati sepak terjang pabrikan lokal berbasis produksi di Semarang-Jateng – Triangle Motorindo sang produsen Viar.

Viar selamat dari gempuran amunisi brand motor-motor Jepang pada era 2000an yang mana produsen motor non Jepang khususnya mocin, rontok tanpa ampun gulung tikar dan mengalami kerugian besar.

Pabrik VIAR I telah berdiri sejak Desember 2000 di kawasan Industri Terboyo (Terboyo Industrial Park), Semarang. Dalam perkembangannya, sistem produksi yang bermula dari CBU telah meningkat hingga menjadi system CKD (Completely Knocked-Down). Kapasitas produksi pabrik yang seluas 4 Hektar ini mencapai 25.000 Unit per bulan.

pabrik-viar vixrpabrik ke 2 viar

Karena perkembangan usaha yang cukup signifikan buah dari costumer satisfaction meningkatkan awareness brand Viar, maka diadakan pembangunan pabrik II VIAR seluas 20 Hektar di Bukit Semarang Baru (BSB) – Semarang, sudah dimulai sejak pertengahan 2007. Pabrik ini akan mengusung konsep baru dimana tidak hanya menjadi pabrik perakitan sepeda motor, namun juga mampu dalam memproduksi berbagai sparepart sepeda motor VIAR. Pabrik kedua ini akan memiliki peralatan dan perlengkapan yang mutakhir dalam industri otomotif di Indonesia dan menjadi pabrik sepeda motor pertama di Indonesia yang juga memproduksi sparepart original sendiri. ..Mantaf tenan ki! Viar semoga bisa jadi motor lokal kebanggaan nasional !

Pihak produsen mengkonfirmasi bahwa Viar mengalami perkembangan yang signifikan, baik dalam system produksi, kapasitas produksi, dan kualitas produksi. Perkembangan kualitas produksi inilah yang IMHO menjadi kunci sukses sales viar di Indonesia. Juga, penerapan strategi marketing blue ocean sangat jitu dimana “ikan” viar tidak mau bermain di wilayah “ikan-ikan Hiu” brand Jepang yang siap memangsa dan melahap habis target yang lebih lemah dan bertubuh kecil (awareness brand mocin yang sangat lemah).

Viar bermain di wilayah aman (blue ocean) yang kurang diliirik kompetitor/predator, misalnya memfokuskan sebagai produsen motor roda tiga untuk usaha perdagangan dan perkebunan (Viar Karya)

viar karyaviar cross

Viar juga memfokuskan bermain di motor segmen adventure, dengan cross X seriesnya yang semakin lama semakin berkembang dan digemari dengan kualitas mesin yang ditingkatkan, spesifikasi mesin yang tinggi, memberikan jaminan kualitas dan worth for money bagi konsumennya tidak overpriced kalo membeli Viar

Last, soal kualitas dan durabilitas motor viar piye?,  Viar menjawabnya dengan raihan REKOR MURI : Touring Motor Trail Terjauh Viar Jelajah Indonesia dari Sabang sampai Merauke 90 hari 25.000 KM

Joss, Mantaf Tenan Viar ki!… aku pesen satu yo viar supermoto yang dimensinya kecil seperti D-tracker, dengan harga terjangkau yo mas, 14-15 jutaan woke, klop mas hargane!

IMHO : mungkin viar supermoto dimensi mendekati D-tracker bisa pakai basis crossX150? , tinggal ganti ban supermoto dan suspensi depan upside down, jadi dah viar 150 supermoto

dtx-redVIAR vx1

Iklan

About SidiqDemot

i love motocycle and motogp, i've made blog about it

Posted on 16 April 2015, in Tak Berkategori. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: