Mengapa sulit mengalahkan Marquez di Austin?

austin1Marc Marquez,

Brosis, mengapa seri ke 2 motogp yang berlangsung di sirkuit Austin bikin lek Rossi ketar-ketir gap pointnya potensial dikejar sama marquez?

Menurut Cristopher Bourguignon, kepala mekanik LCR Honda MotoGP  Sirkuit Austin memiliki karekter tersendiri yang membutuhkan keahlian tinggi para pebalap sepeda motor.

“Anda masuk Tikungan 1 dengan rem keras di atas tanjakan, di sini tekanan-G sangat besar,” kata Cristopher. “Selain itu, mulai Tikungan 3 hingga Tikungan 8 sangat mengalir, tikungan cepat di gigi tiga ”

“Setelah itu, dibutuhkan pengereman keras menjelang Tikungan 11, di sini digunakan gigi empat dan harus mengerem dan dan menurunkan ke gigi satu.”

“Pebalap kemudian akan menghadapi lintasan lurus panjang yang bisa mencapai kecepatan 340 kilometer per jam. Tapi untuk keluar perlu hati-hati. Di akhir lintasan  lurus pebalap harus bisa mengerem keras, dan menurunkan dari gigi enam ke satu.”

“Saya pikir kami akan menggunakan gigi satu sekitar 35 detik di setiap lap,” lanjut Cristopher. “Di beberapa sirkuit kami tidak menggunakan gigi satu.”

Selanjutnya Cristopher menjelaskan bahwa Sirkuit Austin karakteristiknya yang cepat dan pengereman keras akan memberikan tekanan pada ban Bridgestone. Terlebih balap akan berjalan sepanjang 21 putaran. (source : dapurpacu)

Nah Brosis, dari keterangan diatas dapat kita analisa bahwa hardbraking + layout cepat + opergigi ekstrim dengan banyak penggunaan gigi satu, bakalan menyiksa ban para rider selama 21 lap.

Nah ternyata dari data result balap di Austin, marc marquez bisa memaksimalkan hardbraking, akselerasi, topspeed, dan gaya balap yang efektif di Austin, sehingga ujung-ujungnya kondisi ban marquez paling bagus dibanding para rider lainnya sehingga doi nggak kehilangan grip, sedangkan pembalap papan atas lainnya mulai kehilangan grip dan motor mereka mulai wheelie beberapa lap sebelum finish.

Sementara marquez terus ngacir sendirian menciptakan gap hampir 50 detik dari duo yamaha di posisi 8 (rossi) dan posisi 10 (lorenzo). …kendala grip ban habis memaksa duo yamaha melambatkan motornya ;(

Yaah, kalo kondisinya masih sama seperti result Austin 2014, dipastikan race akan berlangsung membosankan, minim overtaking riders papan atas di baris depan.    awas sampeyan ngantuk ki ! 😦

gp austin

kopi

Iklan

About SidiqDemot

i love motocycle and motogp, i've made blog about it

Posted on 4 April 2015, in Tak Berkategori. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: